HUKUM DELIK ADAT
HUKUM DELIK ADAT
1. Pengertian
->Delik adalah perbuatan yang mengakibatkan kegoncangan dalam neraca keseimbangan di masyarakat pesekutuan hukum. Misalnya melanggar norma-norma kesopanan, kesusilaan, dan norma agama
->Delik adat adalah sesuatu perbuatan yang tidak diperbolehkan. (van Vollenhoven)
->Jadi Delik adalah suatu tindakan yang melanggar perasaan keadilan dan kepatutan yang hidup dalam masyarakat sehingga menimbulkan reaksi.
->Delik Adat lahir, berkembang dan kemudian lenyap.
->Hukum Adat hanya mengenal satu prosedur dalam hal penuntutan, baik untuk Perdata maupun Pidana (kriminil) yang melaksanakan juga satu pejabat saja yakni Kepala Adat, Hakim Perdamaian Desa atau Hakim Pengadilan Negeri untuk semua pelanggaran Hukum Adat.
->Perkara delik adat dapat berupa =
a. Melulu delik adat, contoh pelanggaran peraturan eksogami.
b. Delik adat yang juga bersifat delik Kitab Undang-Undang Hukum Pidana, contoh delik terhadap harta kekayaan seseorang.
2. Reaksi Adat
Reaksi-reaksi adat sebagai koreksi terhadap pelanggaran hukum adat di berbagai lingkungan hukum, misalnya:
1. Penggantian kerugian “immateriil” dalam berbagai rupa seperti paksaan menikahi gadis yang telah dicemarkan.
2. Bayaran uang adat kepada orang yang terkena hukuman sebagai penggantian kerugian rohani.
3. Selamatan (menyembelih hewan / kurban) untuk membersihkan masyarakat dari segala kotoran gaib.
4. Penutup malu atau permintaan maaf.
5. Hukuman badan sampai dengan hukuman mati.
6. Pengasingan.
->Makin tinggi kedudukan di dalam persekutuan, makin kuat sifat delik yang dilakukan terhadapnya.
Dalam hukum adat dikenal pula hak untuk mendapat perlindungan yang disebut dengan Hak Asyl.
3. Perbedaan Pidana Nasional dan Pidana Adat.
PERBEDAAN HUKUM PIDANA NASIONAL
DENGAN HUKUM ADAT DELIK
1. Dalam Hukum Pidana Nasional atau KUHP yang dapat di pidana hanya pribadi yang bersangkutan SEMENTARA dalam Hukum Adat Delik yang dapat dipidana termasuk juga adalah Desa, Kerabat atau Famili-nya.
2. Dalam KUHP seseorang dapat di pidana bila ada unsur kesalahan SEMENTARA dalam Hukum Adat Delik unsur kesalahan tidak menjadi syarat mutlak.
3. Dalam KUHP dibedakan “Membantu perbuatan delik”, “Membujuk” dan “Ikut berbuat.”SEMENTARA Dalam Hukum Adat semua orang yang ikut serta membantu delik harus ikut bertanggung jawab.
4. Dalam KUHP dikenal “Percobaan sebagai tindak pidana.” SEMENTARA Dalam Hukum Adat tidak dikenal “Percobaan”
5. Dalam KUHP dikenal Asas Pelanggaran Hukum ditetapkan terlebih dahulu, SEMENTARA dalam Hukum Adat bisa saja perbuatan terjadi sebelum ada peraturannya.
Hukum Pengadilan Adat tidak boleh menghukum suatu perbuatan yang pada saat perbuatan itu dilakukan tidak ada anggapan rakyat bahwa perbuatan itu menentang hukum.
Fungsi Hakim dalam memeriksa dan mempertimbangkan perkara menurut Hukum Adat tidak dibatasi UU, Hakim juga tidak terikat dengan ketentuan-ketentuan ttg Pembuktian menurut Reglement Indonesia Baru (RIB). Bagi Hakim yang penting adalah memperhatikan apakah hukum adat itu masih hidup dan dipertahankan masyarakat adat tsb.
Untuk dapat mengukur sejauh mana aturan-aturan hukum adat itu masih mempunyai kekuatan material dan dapat diperhatikan dari hal-hal sbb:
1. Apakah struktur masyarakat adatnya masih tetap dipertahankan ataukah sudah berubah.
2. Apakah kepala adat dan perangkat hukum adatnya masih tetap berperanan sebagai petugas hukum adat.
3. Apakah masih sering terjadi penyelesaian perkara dengan keputusan-keputusan yang serupa.
4. Apakah kaidah-kaidah hukum adat yang formal masih dipertahankan ataukah sudah bergeser dan berubah.
5. Apakah kaidah-kaidah hukum adat itu tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD’45 serta Politik Hukum Nasional.
Hakim sebagai Candra, Tirta, Sari dan Cakra:
->Candra = bulan yang menyinari segala tempat yang gelap
->Tirta = air yang membersihkan segala tempat yang kotor
->Sari = bunga yang harum baunya sehingga sekelilingnya menjadi sedap
->Cakra = dewa yang mengawasi berlakunya keadilan di dunia ini.
Jadi... bila dari atas telah diputuskan untuk mempertahankan hukum adat padahal hukum itu sudah mati, maka peraturan-peraturan yang ada tidak dipergunakan. Sebaliknya jika dari atas diputuskan bahwa hukum adat itu harus diganti, padahal dusun-dusun, desa-desa dan masyarakat, hukum adat masih kuat, maka putusan hakim yang bertentangan dengan apa yang ada dimasyarakat itu akan sia-sia belaka.
“Dan jika kamu menghukum antara manusia, hendaklah kamu hukum dengan seadil-adilnya.” (An-Nisaa ayat 58)
“Para Hakim itu ada tiga macam, satu akan masuk surga dan dua akan masuk neraka. Hakim yang masuk surga adalah Hakim yang mengetahui hak (hukum) dan memutuskan dengan hak itu. Hakim yang mengetahui hak tetapi memutuskan dengan bukan hak, hakim ini masuk neraka. Hakim yang memutuskan sedangkan ia tidak mengetahui hak (hukum) dalam perkara itu, hakim ini juga akan masuk neraka.” (HR Abu Daud)
“Jika terjadi sumbang di dalam dusun, maka perkara itu tidak boleh diputuskan oleh pasirah melainkan perkara tersebut hendaklah dibawa kepada rapat besar. “Sumbang besar” mesti dihukum buat “pembasuh dusun” seekor kerbau dan “sumbang kecil” seekor kambing, beras, kelapa dan lain-lain keperluan sedekah yang cukup.”
“Tabiat dan perilaku hakim (penyeimbang) terhadap warga masyarakat janganlah kurang hidmat sepanjang jaman, jangan kurang hati-hati sebelum mati, jangan kurang teliti menjalankan budi, oleh karena yang merusak negeri itu ada tujuh perkara, yaitu wanita, gadis, uang, makanan, tanaman, tumbuhan, pencaharian dan perilaku.”
Dari hal-hal tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa hukum pidana adat sifatnya sederhana, yang bertujuan untuk memperbaiki kesalahan orang dan masyarakat lingkungannya. Setiap kesalahan yang terjadi bukan hanya dilihat dari peristiwa dan pelakunya tetapi juga dilihat pada kepentingan dan nilai-nilai yang hidup bermasyarakat.
Bagi masyarakat adat bukanlah peraturan yang tertulis dengan teratur yang diperlukan, tetapi pelaksanaan dan penegakkan hukum yang jujur dan berbudi pekerti baik yang diutamakan. Masyarakat hukum adat pada umumnya dilandasi unsur-unsur keagamaan, berkeyakinan dalam kehidupan bahwa disamping adanya hukum dan keadilan manusia terdapat hukum dan keadilan Tuhan. Dalam hukum adat seluruh lapangan hidup menjadi batu ujian perihal apa yang dilarang dan apa yang diperbolehkan.
Hukum adat hanya mengenal satu prosedur dalam hal penuntutan dan satu pejabat saja dalam menangani perkara tersebut, yaitu Kepala Adat / Hakim Perdamaian Desa. Menurut UU Darurat No.1/1951 menyatakan, “Hakim perdamaian desa diakui berwenang memeriksa segala perkara adat, termasuk juga delik adat.” Namun seiring perkembangan zaman terhadap delik-delik yang ada, lambat laun rakyat desa telah menerima dan bahkan menganggap wajar bila yang bersalah itu diadili serta dijatuhi hukuman oleh Hakim Pengadilan Negeri dengan hukuman yang ditentukan oleh KUH Pidana.
Komentar